October 19, 2021 0 Comments Clothing

Tips Mencegah Warna Pudar Pada Pakaian

Saat mencuci kadang ada saja baju ataupun celana yang warnanya luntur, ujungnya mengakibatkan sejumlah pakaian lain yang ikut dicuci menjadi ikut terkena luntur. Hal ini tentu sangat amat dihindari, sehingga untuk itu anda perlu mengetahui cara mencegah warna luntur pada baju.

Ada beberapa cara dan langkah tepat untuk anda lakukan demi mencegah warna luntur pada baju atau memudarnya pakaian agar keindahan pakaian tetap terjaga. Berikut ini merupakan langkah-langkah yang dapat anda ikuti.

Beberapa cara mencegah warna pudar pada pakaian

1. Lihat care symbol pakaian

Care symbol atau label pada pakaian sering sekali diabaikan, padahal simbol-simbol pada tag pada pakaian sangat berguna untuk menjadi petunjuk cara merawat kain pada sebuah pakaian. Tag  ini berisi beberapa keterangan cara yang tepat merawat dan mencuci baju dengan baik.

Tiap baju memiliki tag-tag yang berbeda tergantung kain dan kesulitan pembuatan pakaian serta apabila ada aksesoris yang menempel pada pakaian. Adanya yang dapat dicuci dengan mesin cuci ada yang sebaiknya dicuci dengan tangan atau hanya dapat dicuci kering atau dry clean.

2. Balik pakaian sebelum mencucinya

Baliklah pakaian yang akan dicuci, baik celana maupun baju. Hal ini akan sangat mempengaruhi ketahanan warna pada pakaian yang akan dicuci. Dimana deterjen akan membersihkan secara halus melalui bagian dalam pakaian ketika anda membaliknya pakaian sebelum mencucinya. Selain itu, pakaian akan menjadi lebih bersih tentunya di bagian dalam pakaian yang terkena langsung oleh kulit.

3. Gunakanlah air dingin

Langkah selanjutnya dalam mencegah pudarnya pakaian adalah adalah dengan menggunakan air dingin untuk mencuci pakaian. Perlu dihindari menggunakan air panas, karena air panas juga dapat mempengaruhi perubahan warna pada pakaian.

4. Pisahkan pakaian berdasarkan kain dan warna

Kemudian memisahkan pakaian berdasarkan kainnya atau warna pada pakaian. Usahakan kelompokan pakaian sesuai warnanya, misalnya warna merah dengan baju atau celana berwarna merah, pakaian dengan warna hitam dengan pakaian lain yang berwarna hitam.

Sama halnya dengan jenis kain. Tiap pakaian memiliki jenis kain yang berbeda-beda, ada yang kasar seperti jeans dan jaket tebal lainnya. Dan ada pula yang ringan dan sensitif seperti pakaian dengan bahan sutra dan wol. Sebaiknya pisahkan pakaian berdasarkan jenis kainnya untuk menghindari kerusakan pada pakaian.

5. Pilihlah deterjen khusus untuk baju berwarna

Terdapat beragam deterjen yang dijual secara bebas dan mudah ditemukan. Ada yang khusus untuk pakaian berwarna putih, khusus batik untuk mempertahankan warna, hingga deterjen dengan kandungan desinfektan untuk membunuh kuman.

Sehingga anda dapat memiliki deterjen yang khusus untuk baju berwarna. Hindari deterjen yang mengandung pemutih. Karena warna pada pakaian dapat memudar. Memilih jenis deterjen yang tepat akan membuat pakaian menjadi lebih awet.

6. Lengkapi proses membilas pakaian dengan softener

Proses membilas juga tidak boleh terlewatkan untuk mencegah warna pudar pada pakaian ketika dicuci. Selain berguna untuk melembutkan pakaian, softener juga dapat menambah kesegaran pakaian agar wangi lebih lama. Selain itu pelembabnya mampu menjaga warna pada pakaian.

7. Hindari sinar matahari langsung

Langkah selanjutnya adalah menghindari sinar matahari secara langsung pada saat proses penjemuran. Usahakan anda menjemur pakaian di dalam ruangan dengan cara diangin-anginkan saja.

8. Berikan jarak tertentu dalam menggunakan baju yang sama

Terakhir adalah memberikan jarak dalam menggunakan pakaian yang sama. Sehingga pakaian akan lebih awet warnanya dan selalu terlihat baru.

Untuk pengalaman yang lebih baik dalam bisnis mencuci, percayakan kepada Aplikasi Saku Laundry yang merupakan aplikasi laundry android terlengkap se-Indonesia yang sudah bekerjasama dengan beberapa outlet laundry.


Share: